Mengenal Apa itu Digital Nomad, Tren Gaya Hidup Kaum Milenial Saat Ini

eca-dd-keyframe
Sumber gambar: World Bank

Kamu pernah mendengar istilah “Digital Nomad”? Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia istilah ini masih kurang begitu banyak diketahui namun dinegara maju sendiri hal ini sudah menjadi suatu gaya hidup yang banyak dilirik oleh anak muda atau yang biasa dikenal dengan kaum milenial, termasuk kamu!

 

Digital Nomad sendiri terdiri dari 2 suku kata yakni “Digital” dan “Nomad” / nomaden. Intinya, Digital Nomad merupakan suatu gaya hidup dari orang-orang yang bekerja secara digital tanpa terikat dengan jam kerja konvensional dan dapat menikmati hidup mereka dimanapun mereka inginkan, istilah kerennya adalah traveling sambil kerja, asalkan terhubung dengan internet.

Esensinya adalah, menjadi bos untuk dirimu sendiri dan menikmati hidupmu dengan berpindah-pindah untuk mencari pengalaman baru di suatu daerah atau negara

Terdengar menarik? Ya, menurutku, bagi seseorang yang sudah memasuki dunia kerja, bekerja dari 8-17 secara rutin dan bahkan Sabtu atau Minggu juga bekerja tentunya terkadang menimbulkan pikiran “Kenapa engga beralih ke DN?”.

 

Salah satu alasan yang banyak ditemukan oleh orang-orang yang sudah terjun kedalam gaya hidup Digital Nomad dikarenakan terdapat rutinitas bekerja dikantor, tekanan dari pekerjaan, bos atau bahkan politik di kantor yang membuat mereka merasa tidak leluasa dan terdesak serta tidak menutup kemungkinan tidak adanya waktu untuk menikmati hidup (liburan) serta finansial yang dirasa kurang.

 

Kebanyakkan para Digital Nomad akan mencari negara berkembang untuk memulai kehidupan nomadennya, seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia karena biaya hidupnya yang tidak tinggi. Untuk Indonesia sendiri, lokasi favorit para Digital Nomad adalah Bali, kamu bisa cek liputan khusus CNBC mengenai Digital Nomad di Bali yang berjudul I Tried Living As A Digital Nomad For The Day .

 

Jam kerja rata-rata dari Digital Nomad yakni berkisar 3-8 jam perhari. Nathan Ello seorang freelancer yang sekaligus Digital Nomad, melakukan eksperimen terhadap dirinya sendiri dengan bergantung menjadi seorang yang bekerja secara digital selama sebulan penuh. Dalam blognya ia menerangkan bahwa pendapatan rata-rata bekerja sebagai freelance mencapai $12.000 – $13.000 ketika ia menjalankan kehidupan sebagai Digital Nomad, ia bisa mendapatkan $13.000 atau setara +- Rp 169jt. Nathan bisa menghasilkan rata-rata $500 lebih banyak dari pendapatan biasanya dari hasil bekerjanya.

 

Terlepas dari itu hal ini memang tidak dapat menjadi patokan secara pasti karena setiap orang memiliki kemampuan, jam terbang dan relasi yang berbeda, mereka juga tentunya memiliki cara tersendiri untuk menikmati pekerjaan serta waktu yang dihabiskan untuk menjelajahi lokasi baru.

 

Lalu apa yang biasa dilakukan oleh para Digital Nomad ini untuk menghasilkan pendapatan? Ternyata ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh para Digital Nomad seperti penulis, editor, pengembang website, digital marketing, konsultan, desainer, guru bahasa, penerjemah, pengisi suara (voice over), personal asisten, sosial media, affiliate marketing, fotografer, videografer dan masih banyak lagi!

 

Tentunya mereka bekerja secara remote atau tidak perlu berada dikantor namun bisa saja dirumah, kamar, kafe atau di co-working space yang saat ini sedang digandrungi oleh entrepreneur muda ataupun para Digital Nomad.

 

Sebelum beralih sepenuhnya menjadi Digital Nomad dan berpindah kesuatu tempat tentunya ada hal yang harus dipertimbangkan yakni:

Apakah kemampuan ku sudah memadai?

Selagi sudah memiliki informasi awal mengenai Digital Nomad, mulai dari sekarang untuk mengembangkan kemampuan sesuai dengan bakat dan ketertarikanmu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s