Pesan Positif Dibalik Kontroversi “Pribumi”

 

indonesia-map_0

Sumber gambar: Dagelan

Dilantiknya Anies Baswedan dan Sandiaga S. Uno sebagai gubernur dan wakil gubernur baru Jakarta untuk periode 2017 – 2021 memberikan banyak harapan serta pandangan dari berbagai pihak. Membawa Jakarta kearah yang lebih baik, itulah harapan dari semua orang. Namun pelantikan yang baru diadakan beberapa waktu lalu menimbulkan kontoversi yang banyak jadi perbincangan setiap masyarakat Indonesia, ungkapan “pribumi” dalam pidatonya dianggap menyinggung pihak tertentu.

Disini saya tidak ingin membahas mengenai pidato beliau mengenai kata tersebut namun yang menjadi poin saya adalah dengan adanya kontroversi ini setiap pemikiran masyarakat Indonesia menjadi, setidaknya, terbuka dengan makna dan  asal usul orang Indonesia.

Seperti yang diberitakan oleh Kompas, suku-suku yang terdapat di Indonesia merupakan pencamuran berbagai genetik dari 3 gelombang migrasi yang dimulai dari Afrika yang terjadi sekitar 60.000 tahun yang lalu. Gelombang migrasi kedua terjadi sekitar 30.000 tahun yang lalu dengan datangnya orang-orang Austro-asiatik yakni yang berasal dari Vietnam dan Yunan. Serta gelombang ketiga yang terjadi sekitar 6.000-5.000 tahun yang lalu yang berasal dari Formosa atau Taiwan.

Berdasarkan kaca mata sains dikarenakan adanya gelombang migrasi tersebut maka tidak ada satupun dari suku di Indonesia merupakan “pribumi” asli yang mendiaminya. Berbagai berita nasional ataupun akun-akun penyedia informasi lainnya memberitakan mengenai hal ini. Harapannya semoga banyak masyarakat Indonesia sudah mengetahui dan tidak menggunakan kata ini untuk kepentingan pribadinya agar tidak menimbulkan gesekan sosial. Sebelum adanya masalah ini, saya dan, mungkin, kamu tidak pernah mengetahui asal-usul penduduk Indonesia serta makna sesungguhnya dibalik kata ini.

 

Hal positifnya adalah kini kita sudah tahu bahwa tidak ada satupun dari kita yang penduduk asli di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s