Ini Dia Perbedaan Sumpit Tiongkok, Jepang & Korea yang Belum Kamu Tahu

gambar sumpit

Sumpit sudah menjadi bagian dari alat makan yang digunakan oleh masyarakat, terutama di Indonesia. Tapi apakah kamu tahu bahwa ternyata sumpit dari 3 negara ini memiliki bentuk, kegunaan dan filosofinya masing-masing lho. Edward Wang, seorang pakar sejarah menjabarkan 3 jenis sumpit dari Tiongkok, Jepang dan Korea yang dilansir dari Quartzy.

Sumpit dari negara tirai bambu memiliki ukuran yang panjang dan memiliki ujung yang tidak lancip. Karena kebudayaan dari masyarakat Tiongkok yang sering menyediakan hidangan untuk berbagi dan dinikmati bersama yang dimulai pada abad ke 10. Lalu apa hubungannya antara berbagi hidangan dengan sumpit? Bentuk sumpit yang panjang yang digunakan oleh masyarakat Tiongkok ketika menikmati hidangan mereka memudahkan untuk makanan yang terdapat dimeja.

Selain itu kegunaan lain dari sumpit yang panjang ini juga dapat meminimalisir luka bakar apabila sedang menikmati hidangan yang terbuat dari sup ketika akan mengambil daging ataupun sayur dari pot sup tersebut.

Sumpit dari Jepang cenderung lebih pendek dibandingkan dengan Tiongkok karena umumnya masyarakat Jepang ketika berbagi makanan seperti masyarakat Tiongkok. Kaitan lainnya menurut Edward Wang, masyarakat Jepang percaya bahwa ketika sumpit yang mereka gunakan menyentuh bibir maka roh mereka juga terikat dengan alat makan tersebut oleh karena itu biasanya masyarakat Jepang memiliki sumpit mereka masing-masing.

Berbeda dengan ujung sumpit negara Tiongkok, ujung sumpit dari Jepang berbentuk lebih lancip hal ini dikarenakan kebiasaan masyarakat Jepang yang sering mengkonsumsi ikan sehingga dengan bentuk ujung yang lancip tersebut dapat memudahkan mereka untuk mengeluarkan tulang ikannya.

Negara Ginseng satu ini menggunakan sumpit yang tersebut dari bahan dasar logam. Menurut Edward Wang hal ini dimulai dari abad ke-7, penggunaan sumpit dengan bahan dasar perak dipercaya oleh masyarakat Korea dapat mendeteksi racun pada makanan. Selain itu, simbol dari status sosial juga menjadi latar belakang penggunaan sumpit perak pada masyarakat Korea pada masa itu.

Namun karena harganya yang tergolong mahal maka alternatif lainnya adalah dengan menggunakan sumpit logam. Lalu apabila kamu suka menonton drama Korea ataupun makanan Korea, umumnya sumpit logam dari Korea berbentuk pipih. Sederhana sebenarnya, hal tersebut dikarenakan untuk menghemat material penggunaan dari logam selain itu menurut Edward Wang, karena kebiasaan masyarakat Korea yang gemar mengkonsumsi sapi panggang, menjadikan sumpit logam lebih tahan lama untuk digunakan ketimbang bahan lainnya.

Penggunaan dari sumpit sendiri sudah mulai terkenal sejak abad ke 4 Masehi dan hingga saat ini alat makan satu ini masih menjadi pilihan bagi kebanyakan orang. Apalagi ditambah dengan hidangan-hidangan negara Tiongkok, Jepang dan Korea yang membuat sumpit masih tetap populer untuk digunakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s