Dampak Negatif Kalau Kamu Kurang Tidur

tidur

Source: Metrifit.com

Mendapatkan jam tidur yang cukup dan berkualitas tentu hal yang berharga untuk siapapun, terutama untuk kamu yang bekerja. Namun seringkali karena berbagai hal seperti tuntutan pekerjaan, menonton film atau drama Korea, bermain game atau aktivitas lainnya sering kali membuat kamu bisa saja tidur lebih larut dan ujung-ujungnya berakibat pada jam tidur yang kurang karena keesokan paginya harus bangun awal untuk bersiap-siap beraktivitas kembali.

 

Menurut Matthew Walker, PhD, penulis buku “Why We Sleep” dan sekaligus profesor ilmu saraf & psikologi dari Universitas Kalifornia ini menerangkan 6 dampak negatif bagi kesehatan yang bisa menyerang kamu apabila kamu kurang tidur yang dirangkum dari Tree Hugger.

  1. Kekurangan tidur dapat menghambat kamu membuat ingatan baru
  2. Dari penghambatan tersebut, berakibat pada perkembangan racun bersifat protein pada otak yang disebut sebagai beta amyloid, hal ini merupakan salah satu yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer
  3. Bagi pria, tidur hanya 5 sampai 6 jam saja berdampak pada fungsi reproduksi dan apabila berkelanjutan dalam kurun waktu yang lama mengakibatkan level testoteron seseorang jadi lebih tua  tahun
  4. Memiliki jam tidur yang kurang berdampak pula pada kekebalan tubuh seseorang sehingga berkaitan pula dengan munculnya beberapa jenis kanker
  5. Kekurangan tidur berdampak buruk pada sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) seseorang
  6. Apabila seseorang terus beraktivitas selama 19 – 20 jam, mental seseorang juga akan terganggu dan hal ini sama seperti seseorang yang sedang mabuk

 

Namun untuk dapat tertidur dengan lebih cepat bisa jadi kendala bagi setiap orang, terutama apabila seseorang tersebut mengidap insomnia. Berdasarkan penelitian yang dikeluarkan oleh American Psychological Association (APA Psychic NET), terdapat hal mudah yang dapat seseorang lakukan untuk dapat tidur lebih cepat.

 

Diberitakan oleh TIME penelitian ini melibatkan 57 partisipan berusia 18 – 30 tahun, setengah dari partisipan diminta untuk menuliskan daftar apa yang akan dilakukan pada besok dan hari-hari berikutnya selama 5 menit. Lalu, partisipan lainnya diminta untuk menuliskan daftar mengenai apa saja yang telah selesai dilakukan di hari-hari sebelumnya.

 

Penelitian ini menemukan hal menarik yakni para partisipan yang menuliskan daftar-daftar yang akan dilakukan di esok hari atau kedepannya tertidur lebih cepat 9 menit dibandingkan yang menuliskan apa yang telah selesai dilakukan. Terlebih lagi, apabila para partisipan menuliskan secara rinci apa yang akan dilakukan tertidur lebih cepat lagi dibandingkan yang menulis secara singkat.

 

Asumsi dari para peneliti adalah dengan mencurahkan apa saja yang akan dilakukan keesokan hari membantu mereka untuk menyiapkan diri nya. Meskipun masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut, namun bagi kamu yang memiliki gangguan sulit tidur cara ini layak untuk dicoba mengingat tidak perlu memerlukan biaya apapun dan dampaknya juga untuk diri kamu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s