Riset Mengungkapkan, Alkohol Membantu dalam Kemampuan Berbahasa!

alkohol

Source: Medicaldaily.com

 

Sesuatu hal sudah dapat dipastikan memiliki kebaikan dan keburukannya, seperti makanan yang kita konsumsi, aktivitas sehari-hari dan lainnya. Berbicara mengenai itu, alkohol termasuk salah satu yang banyak diperbincangkan mengenai kebaikan dan keburukannya, terlepas dari dampak buruk yang dihasilkan untuk tubuh apabila dikonsumsi dengan dosis yang berlebihan dalam jangka waktu panjang, ternyata alkohol memiliki manfaat yang mengejutkan yang berkaitan dengan bahasa.

Dilansir dari Viva Lifestyle & Travel, berdasarkan penelitian dari 3 universitas yakni Universitas Liverpool, Universitas Maastricht dan King’s College London menemukan bahwa alkohol dapat membantu seseorang untuk meningaktkan kemampuan berbahasanya. Hasil riset ini dilakukan pada 50 orang Jerman yang baru mempelajari bahasa Belanda, ke-50 orang ini terbagi menjadi orang-orang yang mengkonsumsi alkohol dan tidak.

Partisipan ini diajak berbicara dengan seorang peneliti, yang tidak mengetahui orang-orang mana saja yang meminum alkohol atau tidak. Hasilnya menunjukkan bahwa partisipan yang meminum alkohol dapat berbicara dalam bahasa Belanda jauh lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak meminum alkohol dari segi kemampuan berbahasa dan pengucapan.

Masih terdapat spekulasi mengenai hasil ini seperti adanya kemungkinan bahwa alkohol menimbulkan efek lebih berani pada seseorang. Hal ini pula mendorong para peneliti lainnya untuk meneliti lebih dalam mengenai dampak yang dihasilkan dari alkohol dalam hal berbahasa. Seperti Dr. Jessica Werthmann yang menyatakan bahwa penelitian mengenai alkohol ini lebih dalam diperlukan untuk menjelaskan hasilnya.

Namun terdapat 1 kemungkinan yang dapat ia sampaikan mengenai alkohol yang berdampak positif terhadap berbahasa yakni alkohol dapat mengurangi rasa gelisah sehingga menghasilkan seseorang tampil lebih percaya diri terutama dalam berbahasa. Sebagai informasi, para partisipan hanya diberikan 1 gelas yang berisi kurang dari 5% kandungan alkoholnya untuk pria dengan berat badan 68 kg.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s