Sekilas mengenai Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi

 

stefan-stefancik-257625-unsplash 1000
Photo by Štefan Štefančík on Unsplash

 

Tren jurusan Ilmu Komunikasi beberapa tahun kebelakang ini sepertinya semakin banyak diminati oleh para calon mahasiswa, entah karena memang kecintaannya terhadap dunia komunikasi, media ataupun sekadar ingin mencari jurusan yang “mudah” agar bisa mendapat gelar. Dibalik itu semua, aku mau berbagi sedikit mengenai kuliah jurusan Ilmu Komunikasi dari sudut pandangku. Begini pandangannya.

 

1. Realita Sosial

Selama kuliah dijurusan Ilmu Komunikasi, kita sering dihadapkan pada kasus-kasus yang telah-sedang-maupun yang akan terjadi. Banyak hal yang dapat dibahas dalam ruang ilmiah tersebut, mulai dari politik, sosial, pendidikan, kesehatan, kebijakan pemerintah ataupun perusahaan atau bahkan hubungan interpersonal dan intrapersonal.

Terlebih lagi pada saat penjurusan, aku mengambil penjurusan Broadcasting yang dimana pembelajarannya lebih spesifik mengenai media-media khususnya jurnalisme di Indonesia.

2. Praktek, praktek & praktek!

Ketika aku bertanya ke senior yang sedang mengambil jurusan ini, berapa persentase antara praktek dan teori yang diberikan. Jawabannya adalah 60% praktek dan 40% teori dan menurut aku persentase tersebut cukup akurat mengingat ketika mengambil penjurusan pada smester 3 semua hal yang berhubungan dengan praktek sudah banyak dilakukan termasuk ketika ujian akhir smester.

Praktek yang dilakukan selama aku kuliah beragam, seperti fotografi jurnalistik, pembuatan program berita yang didalamnya termasuk peliputan berita dilokasi langsung misalnya KPK, gedung DPR MPR, demo, Bawaslu dan tempat-tempat yang sering kalian saksikan di televisi, pembuatan majalah, pembuatan program radio, pembuatan iklan televisi, musik video, program realiti, talk show, dokumenter dan masih banyak lagi!

Capek? Iya, apalagi ketika berada di smester 5 dan kamu yang mengejar target lulus dengan durasi 3,5 tahun, tapi percayalah bahwa hal tersebut menyenangkan! Bahkan kadang aku dengan teman-teman sering berpikiran kangen dengan praktek-praktek pada saat kuliah.

Oh ya, nilai plus nya adalah kalau kamu seorang perantau seperti aku, ini akan sangat membantu dengan mengenali Jakarta dengan lebih baik. Entah itu jalanannya sampai realita sosialnya.

3. Relevankah teori dengan realita?

Aku bukan tipe orang yang selalu mempraktekkan teori kedalam dunia nyata, namun tentu saja suatu teori pasti sudah diuji terlebih dahulu untuk memperkokoh kebenarannya. Well, tidak semua teori masih berlaku dengan kondisi saat ini sih. Tapi untuk memudahkan kamu dalam mendapatkan “tambahan” S. I. Kom pada nama belakangmu, teori termasuk hal yang paling tidak kamu harus pahami untuk memudahkan proses studi kamu terlebih lagi ketika skripsi.

Pada dasarnya, apabila kamu menyenangi dunia ini, maka teori-teori dari Ilmu Komunikasi bisa membantu kamu dalam berpikir kritis.

4. Ga bakalan ketemu hitung-hitungan! (?)

Nah yang satu ini termasuk alasan aku memilih jurusan ini dan juga kebanyakkan anak-anak komunikasi lainnya. Tapi ternyata tidak! Selama 8 semester kuliah Ilmu Komunikasi, kamu akan tetap ketemu dengan ini kok. Sepengalaman aku, akan ada 3 kali kamu bertemu dengan hal yang berhubungan dengan mata kuliah angka. Pertama adalah Statistik, apabila kamu berasal dari jurusan IPS umumnya pasti sudah mempelajari hitung-hitungan ini pada pelajaran Sosiologi.

Kedua adalah mata kuliah Penelitian Kuantitatif, disinilah kamu sudah memasuki tahap untuk menerawang penelitian apa yang akan kamu teliti, apabila kamu akan meneliti dengan metode penelitian kuantitatif maka kamu akan masuk kebagian ketiga.

Ketiga skripsi, skripsi di Ilmu Komunikasi juga dapat kuantitatif jadi apabila kamu memang seorang pecinta angka, kuantitatif pilihan yang tepat untuk membedah permasalahan pada skripsi dengan angka dan tentu saja harus angka tersebut harus dapat dikomunikasikan hasilnya.


Inilah sedikit gambaran mengenai kuliah jurusan Ilmu Komunikasi menurut sudut pandang aku, ada beberapa hal yang akan aku bahas yang berhubungan dengan Ilmu Komunikasi. Ada pertanyaan mengenai jurusan ini? Aku siap membantu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s