1 Bulan di Pedalaman Kalimantan Barat, Begini Rasanya

Tepat sebulan aku jauh dari kampung halaman, Pontianak, rasanya? Mengejutkan, aku menikmatinya! Analoginya seperti Harvest Moon ataupun game-game sejenis yang dimana seorang pemuda memutuskan untuk berpindah ke pedesaan untuk menikmati dan melanjutkan hidupnya, terdengar berlebihan tapi ini yang aku rasakan. 24/7 tidak ada internet, namun untungnya terkadang masih sempat untuk naik ke bukit untuk berinternet ria dengan  1 atau 2 batang 4G yang sangat berharga.

Menjalankan hidup yang teratur, bangun jam 6 lalu tidur sekitar pukul 22.00 atau 23.00, terasa sangat kontras dibandingkan pola hidup ku selama beberapa tahun belakangan ini. Hei, ternyata ini jadi sisi positifnya untuk diriku. Makan rutin, 3x sehari tanpa harus bingung memikirkan mau makan apa hingga latihan fisik tubuh.

Berada di pedalaman Kalimantan Barat tidak sebosan yang aku kira, air & udara segar, masyarakat yang heterogen dari Indonesia bagian barat hingga timur ternyata ada semuanya disini. Banyak hal yang dapat dijelajahi, mulai dari alam, kebudayaan, bahasa hingga bagaimana pola pikir mereka terkait berbagai hal.

Seberapa banyak lagi hal yang akan ku nikmati disini? Waktu yang akan bercerita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: