Bye-bye Negatif, Ini 5 Tips Membuat Diri Jadi Positif di Tengah Pergumulan

Setiap musim dalam hidup kita pasti memiliki pasang surut, wajar bukan. Mulai dari yang menyenangkan hingga hal-hal yang tidak mengenakan. Bagiku, ketika sedang menghadapi musim yang kurang mengenakan hidup ada beberapa hal yang aku lakukan untuk mengalihkan dan menggantikan hal negatif tersebut agar menjadi positif dan dapat membuat suasana hati hingga pikiran tidak kacau.

Harapannya, melalui tulisan yang berisikan hal-hal positif ini dapat menular kepada kamu.

1.Lingkupi diri dengan hal-hal positif

Menonton video, mendengarkan podcast, membaca tulisan & quote yang positif menurutku ampuh untuk mengusir hal-hal negatif yang sedang dialami. Kalau aku, menonton video dan mendengarkan podcast paling berpengaruh ketika sedang mengalami permasalahan hidup. Bisa saja “menyuntik” dirimu dengan konten yang memiliki permasalahn yang sama atau berbeda, ataupun kedua-duanya.

Kalau aku cenderung berdasarkan minat, terkadang aku menikmati konten yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang aku alami kemudian baru menikmati konten yang berbeda sesuai dengan minatku, tujuannya untuk mengalihkan pikiranku dengan permasalahan tersebut dan membuat diriku fokus dengan hal yang aku minati.

Mungkin diantara kamu ada yang nyaman dengan mendengarkan musik dengan lirik-lirik lagu yang sangat berkaitan hal yang dialami tapi bagiku dengan lagu-lagu tersebut malah membuatku semakin memikirkannya lho, contoh umumnya ketika sedang mengalami masalah hati. Hmmm, mendengarkan lagu dengan lirik yang ngena sekali bakalan bikin semakin kepikiran doi.

Rekomendasi aku, untuk bacaan kamu bisa membaca di tinybuddha.com atau melalui aplikasi flipboard dibagian Self Improvement, untuk podcast kamu bisa mencoba mendengar Thirty Days of Lunch dan The Minimalists via Spotify, sedangkan quote bisa di @TheGoodQuote di Instagram atau Facebook atau follow akun-akun dari para influencer favorit kamu yang sering membagikan postingan yang berhubungan dengan pengembangan diri dan hal-hal yang positif. Aku bukan anak Twitter, jadi kudet.

2.Lakukan hal-hal positif yang sesuai dengan minat

Tips ini aku dapatkan ketika mendengarkan podcast dari The Minimalists dalam episode mereka mengenai Habit, bagaimana membangun kebiasaan positif untuk dirimu. Secara ringkas, syukur bagi kamu yang sudah mengetahui apa minatmu dan dapat melakukannya, tapi bagi kamu yang masih abu-abu dengan minatmu dan ingin sekali mewujudkannya mulai dengan 2 menit sehari untuk merealisasikan minatmu agar menjadi kebiasaan yang diinginkan.

Meskipun dimulai dari langkah yang kecil tapi hal tersebut akan dapat membantu dalam membangun kebiasaan positif yang diinginkan.

Dari pengalaman juga, ketika bisa menghasilkan sesuatu dari minat yang diinginkan dampaknya adalah ada rasa kepuasan dan kebanggaan tersendiri, kamu pasti pernah merasakannya bukan? Atau bahkan kamu akan terus melihat atau mendengarkan karyamu tersebut, aku selalu begitu lho.

Itu dampak untuk internal, dampak sosialnya bisa saja hasil karyamu bisa berpengaruh baik bagi orang-orang disekitarmu atau orang lebih banyak lagi.

3.Olahraga

Ini ampuh sebagai pelampiasan! Apapun kegemaranmu dalam olahraga, lampiaskan. Ketika aku sedang banyak pikiran seperti stres dengan pekerjaan dulu, ataupun permasalahan lainnya, olahraga menjadi pilihan paling cepat & efektif. Home workout dengan aplikasi dari smartphone menjadi favoritku untuk berolahraga, efisien & hampir tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

Hal-hal yang mengganjal dalam diriku dapat aku keluarkan dengan aktivitas fisik, entah mengapa hal tersebut juga yang menjadi sumber energi untuk terus “memanaskan” tubuh. Selain pikiran yang membaik, melalui olahraga juga menurutku dapat membantu mendapatkan ide-ide yang ingin dilakukan. Hal ini berkaitan pula dengan poin ke-2.

Poin tambahan lainnya, tubuhmu juga bisa menjadi ideal!

4.Meditasi

Hingga saat ini aku masih belajar mengenai meditasi, hal yang menarik sebenarnya karena banyak orang yang rutin meditasi mendapatkan beragam manfaat. Baru-baru ini aku mencoba meditasi setelah berolahraga hanya untuk kurang dari 5 menit.

Tarik nafas, hembuskan, didalam pikiran ku katakan kepada diri sendiri untuk melepaskan beban yang sedang aku alami, ketika mengatakan hal tersebut aku mulai mencoba untuk sadar dengan semua hal yang berada disekitar tubuhku. Sentuhan, suara, nafasku, keberadaan diriku, ketika sudah merasa nyaman kuyakinkan pada diri bahwa aku sedang menikmati permasalahan ini dan siap melepaskannya.

Rasanya aneh tapi disaat yang bersamaan, aku mulai merasa ringan dan diriku semakin tenang. Berhasilkah? Menurut ku iya, perlahan aku merasakan apa yang diriku katakan tadi, yakni ingin melepaskan beban yang sedang aku alami. Masih banyak hal yang ingin aku pelajari mengenai meditasi. Bahkan meditasi sudah aku mantapkan untuk menjadi bagian dari kebiasaanku.

5.Bagikan

Hal ini berkaitan dengan poin kedua, ketika sudah mulai beraksi untuk melakukan apa yang diminati, kamu bisa memanfaatkan karyamu untuk membagikannya kepada orang lain. Bagi diriku, media untuk membagikan apa yang aku minati adalah melalui tulisan. Mungkin diantara kamu ada yang ingin berbagi namun belum tahu melalui media apa untuk membagikannya, insta stories bisa menjadi langkah awal untuk membagikan hal-hal positif yang kamu rasakan agar dapat bermanfaat bagi teman-temanmu.

Selain itu, dengan melakukan aksi untuk membagikan pesan positif, menurut aku hal ini dapat memperluas wawasan & menjadi berkat untuk orang lain.


Kamu punya tips untuk mengubah hal-hal negatif menjadi positif? Beritahu kepada aku & para pembaca juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: