Mengapresiasi Hal-Hal Kecil

Hari Minggu selalu menjadi hari yang kutunggu-tunggu setiap harinya, alasannya sederhana: toko tutup lebih awal dan aku bisa santai! Begitu pula dengan apa yang ku rasakan hari ini, Minggu 20 Januari 2019. Bangun dengan semangat karena tahu bahwa aku hari ini akan dapat bersantai lebih lama. Sebagai informasi, aku disini membantu papa dalam mengelola toko.

Kami membuka toko kelontong yang beroperasi setiap hari, buka pukul 06.00 pagi dan tutup pukul 21.00, ya kami bekerja 15 jam sehari dari Senin – Sabtu, cukup mengesankan bukan? Namu khusus untuk hari Minggu kami buka dari pukul 06.00 – 14.00, itulah kenapa hari Minggu merupakan hari yang kutunggu-tunggu.

Beberapa hari sebelum hari Minggu, aku dan karyawan kami merencanakan untuk jalan-jalan pada hari Minggunya, biasa untuk sekedar menyegarkan pikiran dan menambah koleksi foto kece di smartphone.

Cuaca disini tidak tentu, pagi hingga siang bisa panas terik tapi sore tiba-tiba hujan dan malam menjadi cerah kembali, yang bikin jengkel adalah paling sering terjadi pada hari Minggu. Namun kami beruntung hari ini berbeda, rasa senang dalam diriku tiba-tiba muncul ketika jam menunjukkan pukul 14.00 dan cuaca sangat mendukung untuk bepergian.

Kami pun bersiap-siap untuk pergi ke rumah pohon yang tidak jauh dari rumah, dalam perjalanan aku terpikirkan sesuatu:

“Ternyata begini rasanya bisa mengapresiasi hal kecil dan mensyukurinya”.

Sepanjang jalan hingga pulang kerumah, diriku sangat menikmati beberapa jam yang singkat ini. Sikap sadar (mindfulness) berperan penting untuk membuat diriku mengapresiasi hal kecil yang sedang aku alami sehingga dapat menimbulkan rasa syukur kepada diriku.

Setelah aku renungkan, ternyata banyak hal-hal kecil yang belum aku sadari dan berikan apresiasi sehingga aku melewatkan poin-poin berharga tersebut dalam hidupku. Dari pengalaman ini, ku rasa diriku dapat semakin sadar dengan apa yang terjadi dihidupku & lingkunganku sehingga aku dapat mengapresiasi hal-hal tersebut.


Jadi, hal-hal kecil apa yang dapat kamu apresiasi dalam hidupmu agar dapat disyukuri? Selami dirimu, tingkatkan sikap sadar (mindfulness) agar dapat berdampak positif kepada dirimu & orang-orang disekitarmu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: