Review Ubiqu, Alternatif Internetan di Tengah Hutan Kalimantan Barat

Bagi milennial sekarang, internet sudah bagai hal yang tidak bisa dilepaskan, sedikit-sedikit update IG Stories, sedikit-sedikit cek timeline sosmed, sedang ingin mencari hiburan buka sosmed atau YouTube atau Netflix, aku yakin engga cuma aku yang begitu, karena kita sekarang ini sudah termanjakan dengan berbagai kehidupan digital & hiburan digital karena internet.

Sebagai seorang yang tinggal di pedalaman Kalimantan Barat, yang dimana sinyal handphone biasa sangat-sangat susah untuk didapatkan berdampak juga ke internet. Ya, menurut aku wajar sih ya buat milennial sekarang butuh sekali dengan internet. Aku mendapatkan informasi & akhirnya memutuskan untuk menggunakan jasa layanan satelit internet Ubiqu dirumahku yang terdapat di pedalaman KalBar. Berikut adalah review setelah 1 bulan menggunakan Ubiqu.

Perangkat

Secara bentuk fisik, Ubiqu kurang lebih mirip seperti antena parabola dari televisi kabel dengan diameter antena sebesar 1 meter dan ketinggian kurang lebih 1,5 meter sehingga menjadikan antena Ubiqu cukup besar. Untuk instalasi sendiri, kami memilih untuk instalasi sendiri, kurang tahu juga untuk biaya instalasi apabila menyewa jasa dari Ubiqu ataupun rekanannya. Proses instalasi antena Ubiqu dibantu oleh paman, sebagian besar dikerjakan oleh dirinya dengan melihat panduan dari YouTube, susah-susah gampang untuk pemasangannya. Pengerjaannya kurang lebih 1 hari setelah itu masuk ke tahap penyetelan melalui laptop.

Pada saat melakukan proses penyetelan melalui laptop, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti letak dari koordinat yang berdasarkan aplikasi pada smartphone hingga ke proses terakhir instalasi. Kalian mungkin saja akan menemui hal yang serupa dengan aku seperti posisi piringan antena yang sepertinya tidak sesuai antara di aplikasi dengan di leher pengaturannya, karena sudah dicoba untuk menyesuaikan dengan yang tertera pada aplikasi smartphone namun hasil sinyal yang didapatkan tidak sesuai, akhirnya kami mencoba untuk mencari sendiri posisi piringan antena untuk diarahkan.

Kemudian pada saat proses instalasi terakhir yang sering gagal untuk konek untuk aktivasi, namun kendala ini dapat terselesaikan berkat bantuan dari menghubungi teknisi Ubiqu, terima kasih pak!

Koneksi

Aku tidak terlalu berharap koneksi internet yang super ngebut karena tahu konsekuensinya akan semakin banyak kuota yang terpakai. Sebagai informasi, Ubiqu memiliki beberapa paket kuota yang menurut aku mahal. Pilihan paket diantaranya:

1.FIT 1: Rp 500.000 dengan total kuota 8GB (Reguler 4GB, Midnight 4GB)
2.FIT 2: Rp 750.000 dengan total kuota 12GB (Reguler 6GB, Midnight 6GB)
3.FIT 3: Rp 1.200.000 dengan total kuota 20GB (Reguler 10GB, Midnight 10GB)
4.FIT 4: Rp 2.100.000 dengan total kuota 36GB (Reguler 18GB, Midnight 18GB)
5.BIG 1: Rp 4.500.000 dengan total kuota FUP 70GB (Reguler 35GB, Midnight 35GB)
6.BIG 2: Rp 7.400.000 dengan total kuota FUP 120GB (Reguler 60GB, Midnight 60GB)
7.BIG 3: Rp 13.500.000 dengan toal kuota FUP 220GB (Reguler 110GB, Midnight 110GB)

Kami mengambil paket FIT 3 dengan fasilitas:
FIT 3 dengan kuota 20 GB: Kuota Reguler (24 jam) 10 GB & Midnight (00:00– 04.59) 10 GB.
Harga perbulannya Rp 1.200.000 (belum termasuk ppn). Sudah bisa dimengertikan kenapa aku mengatakan mahal, untuk kuota 20 GB dengan pembagian 10GB, harga yang dibanderol seharga 1jutaan. Terdapat beberapa paketan lagi, mulai dari Rp 500.000 hingga diangka belasan juta Rupiah yang disediakan. Namun, hal tersebut bisa aku maklumi karena provider seluler biasa saja belum bisa menembus secara merata sinyalnya di lokasi yang aku tinggali sekarang sehingga dengan bantuan teknologi dari Ubiqu yang bisa memungkinkan aku untuk terkoneksi dengan dunia luar sana bisa diacungi jempol.

Untuk kecepatan download, rata-rata download bisa mencapai 3MB/s sedangkan untuk upload dibawah 1MB/s. Karena kuota internet yang terbatas makanya aku tidak terlalu berharap bahwa koneksi internetnya akan super ngebut, tapi kalau sekedar membuka Youtube sejauh ini tidak buffering kok.


Kelebihan

Secara singkat, kelebihan dari Ubiqu menurut aku:
1.Perangkatnya yang cukup ringkas dan tidak terlalu sulit untuk pemasangannya, terlebih apabila kamu sudah familiar dengan peralatan-peralatan rumahan akan sangat membantu dalam pemasangan. Selain itu, proses instalasi melalui laptop juga tidak rumit.

2.Bisa mendapatkan koneksi internet, bahkan di daerah terpencil sekalipun. Koneksi internet yang stabil & cukup cepat, download sampai dengan 3MB/s, upload kurang dari 1MB/s, lokasi & pada saat kamu instalasi akan bergantung terhadap angka ini.

3.Customer service yang cepat tanggap mengenai permasalahan yang disampaikan, apabila menyampaikan keluhan melalui website Ubiqu +- dalam waktu kurang dari 30 menit pihak CS akan menghubungi kamu sedangkan melalui telepon pihak Ubiqu selalu menyiagakan CS-nya bahkan pada saat tengah malam sekalipun.

Kekurangan

1.Harga perangkat yang terbilang mahal, yakni Rp 7.900.000 (belum termasuk ppn & biaya pengiriman).

2.Harga paket perbulan untuk jumlah kuota yang terbatas termasuk mahal.

3.Berpotensi di kalibrasi kembali posisi piringan dari antena karena, apabila tertiup angin yang sangat kencang dapat terjadi pergeseran posisi, sejauh ini aku sudah mengalaminya 1x.


Saran

Sebagai penyedia layanan internet yang memiliki pangsa pasar khusus, akan lebih baik apabila terdapat promo-promo bagi pelanggan tetap yang melakukan perpanjangan setiap bulan. Sejauh ini promo yang aku lihat adalah promo mengenai pelanggan baru yang mendapatkan kuota tambahan. Selain itu apabila terdapat aplikasi di smartphone mengenai Ubiqu menurutku akan bermanfaat guna memantau kuota, pembayaran atau mungkin informasi mengenai penggunaan kuota yang detail karena berguna untuk memantau penggunaan kuota.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: