Meneliti Diri dengan Terputus dari Internet & Sosial Media Agar Dapat Produktif

Memiliki smartphone namun tidak terkoneksi dengan internet nyatanya membantuku untuk lebih produktif, baik dalam memikirkan hal apa yang akan ku tulis hingga dapat meluangkan waktu untuk membaca. Kenapa bisa? “Meneliti” diri sendiri, itu yang kulakukan. Dapat ku katakan, 70% waktuku dihabiskan dengan menatap layar smartphone dengan menggeser setiap timeline sosial media, menonton video-video yang dapat membangkitkan semangat, motivasi serta ilmu baru hingga bermain games.

Aku disini tidak menyalahi internet ataupun sosial media, namun hal yang perlu diperhatikan adalah:

“Kitalah yang memegang kendali atas diri kita sendiri dari segala hal”

Awareness (sikap sadar) berperan penting untuk membuat diriku produktif, ketika terlalu santai hingga menyianyiakan waktuku diriku mulai merasa kesal karena tidak merasa menghasilkan sesuatu atau melakukan sesuatu yang bermanfaat padahal bisa saja kulakukan namun karena terlalu nyaman dan berpikir “ah nanti saja melakukannya” membuat semua hal tertunda.

Membangkitkan dorongan untuk bergerak memang terkadang susah, tapi percayalah ketika sudah melakukan langkah kecil untuk bangkit dan bergerak lalu menyelesaikan apa yang telah diharapkan akan menghasilkan suatu kepuasan dari diri sendiri. Terutama apabila hasil tersebut dapat bermanfaat bagi sesama.

“Bangkit bro, saatnya lo wujudin keinginan lo”

Photo by Courtney Corlew via Unsplash

2 thoughts on “Meneliti Diri dengan Terputus dari Internet & Sosial Media Agar Dapat Produktif

Add yours

  1. Postingan yang menarik, Mas, terkait dengan pentingnya kesadaran diri untuk menjadi produktif. Godaan smartphone dengan koneksi internet memang nyata adanya. Kalau nggak “kuat iman”, bukannya menyelesaikan artikel blog sesegera mungkin, malah scroll timeline medsos (tanpa tujuan yang jelas) dan ujung2nya nggak selesai2 tuh artikel. Waktu juga terbuang.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: