Mengenal Apa Itu Ikigai: Alasan Untuk Bangun Setiap Hari

Baru-baru ini mendengarkan podcast dengan judul “Thirty Days of Lunch” menjadi salah satu kegiatan rutin aku, bahkan aku mendapatkan banyak wawasan mengenai berbagai hal mulai dari hidup, keuangan, konten hingga hal-hal yang belum pernah aku ketahui sama sekali. Pada salah satu episode-nya, Fellexandro & Ario, mengulik mengenai Love What You Do vs. Do What You Love, Passion, & Ikigai. Mendengar Ikigai, aku menjadi teringat kepada konsep hidup masyarakat Jepang yang menarik untuk di bahas & mungkin saja konsep hidup ini dapat kamu aplikasikan didalam dirimu. Lalu, apa itu Ikigai?

Secara umum, Ikigai di artikan sebagai “Alasan untuk bangun setiap hari”. Dalam buku The Book of Ikigai tulisan dari Ken Mogi, Ph.D menjelaskan lebih mendalam bahwa Ikigai adalah tentang menemukan, menjelaskan, dan menghargai kesenangan-kesenangan hidup yang memiliki arti.

Konsep hidup ini berasal dari Okinawa yang merupakan prefektur di Jepang yang memiliki orang-orang dengan masa hidup terpanjang di dunia (blue zone). Ikigai merupakan gaya hidup yang berpusat pada penyeimbangan sisi rohani & praktek hidup pada seseorang. Keseimbangan hidup ini didapati dari 4 elemen yakni:

1.Passion, melakukan apa yang kamu senangi. Misalnya, seseorang yang suka berbagi pengetahuan, menciptakan suatu karya, transparansi, membantu orang dan lainnya.

2.Talenta, kemampuan yang menonjol dari dirimu.

3.Apa yang dibutuhkan oleh dunia, misi dari dirimu agar dapat berkontribusi baik untuk orang-orang disekitar ataupun dunia untuk skala yang lebih besar.

4.Timbal balik, profesi atau pekerjaan yang memberikan kamu pemasukan secara materi.

Terlihat bukan, terdapat kombinasi dari kebutuhan rohani dan praktek hidup – materi, dalam Ikigai.

Elemen-elemen inilah yang dipegang untuk menemukan Ikigai dari setiap orang dengan melihat persilangan dari 4 hal tersebut. Dalam beberapa literatur seperti buku karya Hector Garcia & Francesc Mralles yang berjudul The Japanese Secret To a Long & Happy Life, dengan mengetahui Ikigai dipercaya dapat memberikan pemenuhan diri, kebahagiaan dan membuat usia hidup lebih panjang.

Ken Mogi menjelaskan lebih mendalam bahwa Ikigai sangat berperan erat dalam kehidupan masyarakat Jepang dari jaman dahulu hingga sekarang ini, mulai dari bangunan arsitektur, upacara teh, profesi hingga ke alam yang telah kita ketahui saat ini.

Berada di usia 20-an dengan mengetahui apa Ikigai-mu sendiri, menurut ku akan dapat membantu dalam memberikan arah hidup yang terarah karena ironisnya kebanyakkan anak muda saat ini masih belum mengetahui apa yang diinginkan oleh dirinya secara pasti, mencari Ikigai tidak hanya dapat ditemukan dalam satu hari saja, bahkan hingga saat ini aku masih mencari sendiri Ikigai ku.

Untuk menutup pengenalan dari Ikigai ini, aku mengutip dari tulisan Ken Mogi, yakni:

“Sebagaimana yang telah kita saksikan sebelumnya, pada level individu, ikigai adalah fondasi motivasional yang membuat Anda terus bekerja, untuk membantu Anda bangun di pagi hari dan mulai mengerjakan tugas-tugas.”

3 thoughts on “Mengenal Apa Itu Ikigai: Alasan Untuk Bangun Setiap Hari

Add yours

    1. Halo bro, bisa coba mulai baca bukunya Ken Mogi judulnya The Book of Ikigai. Di Google Play Book ada bro. Atau, kayak di postingan aku, coba dengar podcast Thirty Days of Lunch di Spotify yang episode ke 12. Dari YouTube juga banyak bro. Semoga bisa ngebantu. Anyway, makasih ya udah baca 😉

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: