Podcast Thirty Days Of Lunch: Skill Terpenting Untuk Para Milenial, Versi GaryVee

Podcast sekarang ini menjadi media yang sedang naik daun diberbagai kanal, Spotify salah satu yang mudah untuk dijangkau oleh pengguna Indonesia untuk mendengarkan beragam podcast baik dalam maupun luar negeri. Seperti yang aku singgung pada artikel mengenai Mengenal Apa Itu Ikigai: Alasan Untuk Bangun Setiap Hari, Thirty Days of Lunch menjadi podcast favorit aku yang merupakan karya anak bangsa. Dibawakan oleh Fellexandro & Ario, podcast ini memberikan beragam hal-hal positif dan pengetahuan baru yang tepat untuk para millenial.

Kali ini, kedua podcaster TDOL mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai seorang motivator favorit mereka, dan aku, dan mungkin kita semua yaitu Gary Vaynerchuck atau yang lebih dikenal sebagai GaryVee! Salah satu pertanyaan dalam wawancara singkat berharganyanya selama 8 menit tersebut yang menarik untuk dibahas yaitu:

Skills apa yang harus dimiliki oleh para milenial yang sedang berada pada usia 20-annya yang dapat secara relevan berhubungan dengan era sekarang ini dan bagaimana skills tersebut dapat berdampak terhadap bisnis?

Jawaban Gary:

One of the biggest thing that is very obvious is communication drives behaviour, right? So I think one of the biggest thing that needed regardless what you do is the ability to communicate – so I think what amazing about communication if you wanted to reach a 100 million of people in Indonesia 25 years ago you needed newspaper, radio or television, today you can use free platforms called youtube, spotify, instagram, twitter that’s incredible its change the world, so I think the biggest skill everybody need is the ability to know how to make contextual creative for the platform that most dominate the attention of the end of consumer at that moment.

Terjemahan dalam Bahasa Indonesianya:

Salah satu hal terbesar yang sangat jelas adalah komunikasi menggiring perilaku, benarkan? Jadi aku berpikir salah satu hal terbesar yang kamu perlukan, terlepas dari apa yang sedang kamu lakukan adalah kemampuan dalam berkomunikasi – jadi menurut aku hal yang luar biasa mengenai komunikasi adalah jika kamu mau mencapai 100 juta masyarakat Indonesia 25 tahun yang lalu kamu memerlukan koran, radio atau televisi sebagai medianya, sekarang kamu bisa menggunakan kanal gratis yang dinamakan YouTube, Spotify, Instagram, Twitter, hal tersebut luar biasa dan mengubah dunia. Jadi menurutku kemampuan terbesar yang semua orang pelrukan adalah kemampuan untuk mengetahui membuat kontekstual yang kreatif di kanal yang paling mendominasi perhatian konsumen saat ini.

Dia bahkan memberikan contoh menarik bagaimana komunikasi dan pemilihan media yang tepat merupakan hal yang penting:

4 years ago being in Path is mattered in here, it didn’t matter in China at the moment. So, being good at Path 4 years ago here mattered, today nobody cares it didn’t exist.

Terjemahan Bahasa Indonesia:

4 tahun yang lalu berada di Path merupakan sesuatu hal yang diperlukan di Indonesia, tapi tidak di Tiongkok pada saat itu. Jadi, dengan menjadi seseorang yang bagus di Path 4 tahun lalu merupakan hal yang patut dipertimbangkan, namun hari ini orang-orang bahkan tidak peduli bahwa Path telah tidak ada.

Setelah mendengar penjabaran dari Gary, aku setuju dengan respon Fellexandro dan Ario yang mengatakan “Wow”. Bila diperhatikan kembali, mengkomunikasikan diri memang menjadi poin yang harus diutamakan oleh millenial saat ini, bahkan hal ini berlaku untuk semua orang atau institusi. Selain itu, diantara ratusan opsi skills yang ada, komunikasi ternyata menjadi hal yang patut kita perhitungkan dan kembangkan menurut versi GaryVee.

Aku ambil contoh seperti kedua podcaster ini yang bagaimana mereka dapat mengkomunikasikan nilai-nilai hidup positif mereka melalui podcast diberbagai media seperti Spotify dan Instagram untuk memberikan dampak sosial kepada aku atau kamu para pendengarnya. Dalam postingan mereka, baik di postingan feed ataupun pada IG Story, terdapat cerita yang ingin disampaikan kepada audiensnya. Ceritanya pun beragam dan menarik untuk dibahas dalam kolom komentar. Pemilihan kanalnya juga sesuai dengan karakteristik pengguna sosial media Indonesia saat ini.

Akhir kata, terima kasih untuk perjuangan kedua anak muda Indonesia ini yang sangat luar biasa menyebarkan nuansa positif diseluruh penjuru negeri ini. Cara kalian mengkomunikasikan pemikiran kalian, aku percaya, telah memberikan dampak kepada banyak anak muda di Indonesia. Cheers.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: