Review Gramedia Digital: Baca Buku Sepuasnya dengan Harga Terjangkau di Smartphone

Bagi aku, smartphone sudah hal wajib yang aku bawa kemanapun, iya sampai saat mandi pun aku bawa untuk mendengarkan lagu, selain fitur-fiturnya yang sudah kita kenal dengan baik untuk menjadi “asisten” pemenuhan kehidupan kita mulai dari komunikasi, hiburan hingga dengan edukasi, smartphone sekarang ini juga sudah menjadi bagian tak terlepas dari diri aku dan mungkin kamu juga.


Berkaitan dengan smartphone, transisi dari hal-hal konvensional yang dulu sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari juga perlahan mulai bermigrasi ke smartphone seperti membaca buku. Membawa buku ketika kita sedang bepergian atau melakukan aktivitas lainnya terlihat sudah amat asing sekarang. Kata-kata yang klise memang, tapi perkembangan dari teknologi mampu menyederhanakan beragam kegiatan kita termasuk dalam membaca buku.


Gramedia menghadirkan aplikasi Gramedia Digital di smartphone untuk penggemar buku, poin menariknya bukan hanya aku dan kamu bisa membaca buku dimana dan kapan saja di smartphone melainkan kita bisa membaca semua buku dan majalah pilihan atau istilah keren dari Gramedia Digital adalah “All you can read” di platform Android, dan iOS.


Gramedia Digital menghadirkan paket Premium yang dikenakan tarif Rp 89.000 per bulan dan pembayarannya menggunakan kartu kredit. Aplikasi ini menurut aku memberikan akses yang baik untuk para penggemar buku.


Gramedia Digital memiliki tampilan antarmuka yang sederhana, halaman awal yang akan ditemui ketika membuka aplikasi adalah Store yang berisi home banner mengenai promo-promo yang sedang berlangsung, kemudian terdapat baris buku-buku Best Seller, novel, komik, keagamaan, majalah dan lainnya.


Kemudian menu kedua adalah Premium, disini tertera buku-buku yang dikhususkan untuk pengguna yang berlangganan paket premiumnya. Berlanjut pada menu ketiga berisi My Collection, disini para pembaca dapat membaca buku-buku yang telah dibeli atau diunduh. Terkait dengan berapa jumlah maksimal buku yang dapat diunduh dalam 1 device, aku masih belum tahu namun sejauh ini aku sudah mengunduh sebanyak 54 buku dan 3 majalah.


Menu selanjutnya adalah Settings, disini berisi hal yang dasar yakni perintah untuk menghapus histori pencarian kita serta versi dari aplikasi saat ini kita gunakan. Serta menu lainnya adalah pelengkap yakni Terms & Conditions dan Privacy Policy.


Perlu diingat, diawal sudah dijelaskan bahwa kita dapat membaca semua buku dan majalah pilihan, jadi ada buku-buku dan majalah yang perlu kita beli secara terpisah dari paket Premium. Salah satu contohnya adalah majalah National Gegraphic Indonesia, kita perlu membeli majalahnya secara terpisah. Proses pembayarannya sama yakni melalui kartu kredit.


Berbicara mengenai daftar-daftar buku baik yang termasuk dalam paket Premium atau berbayar, apakah lengkap? Lumayan menurutku. Cukup banyak buku yang dapat aku temui seperti pada kategori pengembangan diri aku bisa menemukan Chicken Soup for Soul, buku-buku mengenai finansial, motivasi, novel, resep masakan hingga komik. Bahkan apabila kita ke toko fisik Gramedia pada umumnya, buku-buku pada rak best seller-nya juga kurang lebih terdapat pada aplikasi Gramedia Digital. Hanya saja pada aplikasi Gramedia Digital sendiri perlu tetap diperbarui untuk daftar buku-buku baru maupun laris yang ditampilkan secara berkala.
Beralih pengalaman ketika kita membaca buku, tidak banyak menu yang dapat kita temui. Di Gramedia Digital, hanya terdapat 2 fitur yang disediakan yakni halaman yang saat ini sedang dibaca serta fitur pencarian. Hal ini cukup jauh berbeda dengan Google Play Books yang menyediakan banyak fitur-fitur menarik.


Entah kenapa, pada awal aku mengunduh Gramedia Digital terdapat fitur Read Mode namun perbaruan versi sekarang ini sudah dihilangkan. Mungkin salah satu alasan pertimbangan dihilangkannya fitur ini dikarenakan pada smartphone sendiri saat ini sudah terdapat Read Mode, namun alangkah lebih baik kalau fitur ini tetap ada serta dapat mengembangkan kembali fitur-fitur yang terdapat pada saat pengguna membaca, ehmm lihat Google Play Books. Tidak menutup kemungkinan juga Gramedia Digital menyediakan fitur audio book. Count me in ya Gramedia Digital if you need a voice.


Selain itu, terkait dengan pembayaran yang hanya dapat dilakukan menggunakan kartu kredit cukup membatasi orang-orang yang ingin berlangganan. Penambahan opsi pembayaran untuk berlangganan akan sangat bermanfaat bagi Gramedia Digital sendiri.


Konklusinya, bagi sebagian orang membawa dan membaca buku dalam bentuk fisik lebih memiliki kesan tersendiri seperti ketika rasanya membalikkan halaman demi halaman ataupun aroma dari buku. Tapi bagi aku, Gramedia Digital memberikan kemudahan akses untuk membaca buku bahkan ketika aku berada dipedalaman sekalipun.


Diharapkan dengan tersedianya penerbit sebesar Gramedia yang terjun dalam teknologi untuk mencerdaskan bangsa bisa menarik minat baca masyarakat Indonesia.

2 thoughts on “Review Gramedia Digital: Baca Buku Sepuasnya dengan Harga Terjangkau di Smartphone

Add yours

    1. Worth to try bro. Bisa hemat cost juga, mungkin ada beberapa buku yang ada di Play Books yang ada di Gramedia Digital. Tapi memang, soal experience lebih enak di Google Play Books.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: