Mengenal Apa Itu Marketing Promotion: Sang Ahli Awareness Perusahaan

Memiliki pengalaman selama 2 tahun menjadi seorang Marketing Promotion, profesi pertama ini menjadi awal aku mengenali paling tidak dasar-dasar dari promosi yang ada di suatu merek atau perusahaan. Meskipun masih sebatas pemula, berikut adalah hal-hal yang dapat aku bagikan mengenai profesi yang menjadi “pasukan” pertama dalam memperkenalkan sesuatu, baik itu event, produk maupun merek.

Apa sih Marketing Promotion?

Pertama mari bahas mengenai apa itu Marketing Promotion, menurut aku Marketing Promotion adalah divisi yang berperan sebagai penyampai atau “periuh” dari produk suatu perusahaan yang ingin dikenal oleh konsumennya. Tujuannya awareness, bisa saja hal itu adalah produk, merek, ataupun event.

Tugas & Tanggung Jawab

Tugas dan tanggung jawabnya adalah merencanakan, mengeksekusi dan mendatangkan traffic agar konsumen untuk mengikuti event yang diselenggarakan atau membuat konsumen mengambil aksi untuk membeli produk yang dipasarkan. Serta membuat media-media promosi agar selalu terbarui agar perusahaan dikenal dan membuat masyarakat selalu mengingatnya. Tentu saja yang ingin diingat adalah hal-hal positif.

Siapa yang Tepat?

Lalu, Marketing Promotion lebih tepat untuk siapa saja? Menurut aku, Marketing Promotion tepat untuk teman-teman yang memiliki latar belakang di bidang Ilmu Komunikasi, Marketing, Sales, Event Organizer, Desain Komunikasi Visual serta Digital Marketing. Aku memiliki latar belakang di Ilmu Komunikasi, awalnya aku pikir bahwa latar belakang yang aku miliki tidak sesuai dengan bidang ini namun nyatanya aku salah.

Latar belakang pendidikan pada saat melamar bisa saja hal yang diperhatikan sekali oleh perusahaan saat kamu akan melamar, terlepas dari apa gelarmu sekarang Marketing Promotion merupakan divisi yang cukup fleksibel bagi teman-teman, karena aspek yang diperlukan untuk menjadi bagian dalam divisi ini menurutku adalah pengalaman dalam dunia promosi, konsumen oriented komunikasi antar tim dan divisi, kreativitas, kemampuan mengolah linguistik, manajemen pekerjaan dan tim yang kuat, disiplin terhadap waktu, fleksibilitas dan kesadaran akan konsumen yang ingin ditargetkan.

Hubungan Kerja

Seorang Marketing Promotion umumnya berada dibawah divisi Marketing pada perusahaan umumnya, setiap divisi ini memiliki Head of Marketing Promotion yang mesupervisi timnya. Divisi ini umumnya paling banyak berhubungan dengan:

Divisi Desain Grafis, untuk keperluan pembuatan media promosi seperti billboard, standing banner, spanduk, merchandise, konten sosial media dan media promosi lainnya.

Divisi Finance, untuk dana keperluan promosi ataupun event.

Divisi Customer Care, untuk menginfomasikan kepada konsumen apabila mereka menanyakan mengenai program yang sedang dijalankan.

Event Organizer, engga jarang divisi ini akan terus berhubungan dengan EO dalam pra hingga pasca event berlangsung.

Percetakan & merchandise, bersiap untuk pitching vendor agar mendapatkan harga terbaik yang dibarengin dengan kualitas baik untuk setiap media promosi yang akan dibuat.

Client, perusahaan kamu bergerak dalam bidang Customer Relationship Management (CRM) dan mengeluarkan sebuah produk untuk perusahaan tersebut? Ini yang melatih semua aspek dalam divisi Marketing Promotion. Selain mengikuti kemauan sang client kita juga harus memastikan agar kemauan tersebut selaras dengan peraturan yang ada dalam perusahaan.
Sebagai catatan, setiap perusahaan bisa saja berbeda.

Day to Day Activities

Flashback selama bekerja sebagai seorang Marketing Promotion, aku bekerja di sebuah perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang Customer Relationship Management (CRM).
Umumnya, kegiatan seorang Marketing Promotion adalah:

1. Membuat Program Tahunan
Divisi ini akan membuat program selama setahun mengenai hal-hal yang ingin dilakukan lengkap dengan budget, target, materi promosinya serta rekanan yang ingin dirangkul dalam program tersebut.

2. Membuat & Mengontrol Media Promosi
Media promosi dari divisi ini pada dasarnya adalah website, sosial media, media konvensional serta publikasi di media berita. Tujuannya adalah promosi yang diinginkan selalu terbarui.

3. Membuat & Menyebarkan Informasi
Email blast, SMS blast, artikel di website perusahaan, konten sosial media, press release adalah “makanan” setiap hari dari Marketing Promotion. Makanan per periodenya? Bisa berupa newsletter produk, majalah, brosur, spanduk ataupun billboard.

4. Pantau & Evaluasi
Setelah merencanakan program, memantau program yang sedang berlangsung adalah kewajiban dari Marketing Promotion untuk melihat seberapa efektif program yang dijalankan. Setelah itu, pada akhir masa promosi mengevaluasinya.
Bagaimana program dijalankan, apakah sesuai dengan yang diharapkan. Bagaimana dampak promosi bagi program tersebut sehingga dapat membantu dalam program berikutnya.

5. Report, Report, Report
Pasca event, report menanti. Evaluasi dari program dituangkan kedalam laporan lalu dilaporkan ke atasan.

Tantangannya?

Setiap pekerjaan pasti punya tantangan dong kan, sama juga di Marketing Promotion. Berikut ini adalah beberapa tantangan yang aku temuin selama menjadi seorang Marketing Promotion.
1. Komunikasi
Komunikasi jadi hal yang sangat diperlukan dalam semua pekerjaan, termasuk dalam profesi ini, sering kurangnya komunikasi dalam Marketing Promotion bisa berdampak fatal terhadap desain promosi yang ingin dicetak, keterlambatan pembuatan hingga pendistribusian media promosi, batalnya event yang diinginkan, masalah dengan internal perusahaan atau bahkan masalah dengan client.

2. Fleksibilitas Waktu
Say no to weekend, meskipun engga setiap weekend dihabiskan dengan bekerja, tapi akan ada dibulan-bulan tertentu yang kamu akan kebanjiran event. Misalnya Jakarta Fair. Jadi, siapkan diri kamu ya buat event di weekend.

3. Vendor
Dari pihak internal perusahaan sudah berjalan dengan sesuai waktu, eh ternyata vendor ada masalah. Nah ini salah satu yang menjadi tantangan. Bisa jadi salah cetak, hasil produk tidak sesuai atau keterlambatan dalam penyerahan media promosi.

4. Client
Client layaknya raja bagi suatu perusahaan, apa yang diminta sebisa mungkin dapat terealisasi. Perlunya perjelas batasan-batasan yang sudah disepakati pada awal mula agar tidak membuat proyek antar perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Siap-siap dengan client yang rewel yang sering meminta ini itu agar proyeknya sempurna, ini yang sangat melelahkan.

Pendapatan

Dijenjang awal, seorang Marketing Promotion umumnya mendapatkan diangka Rp 48 jt – Rp 60 jt per tahun. Ditahapan menengah Rp 72 jt – 96 jt. Diatas dari itu, unfortunately I don’t know yet. Angka diatas belum termasuk bonus, THR atau honor event yah.

Kebutuhan untuk Profesi & Prospek Kedepan
Marketing Promotion menurutku divisi yang dibutuhkan oleh semua perusahaan, jadi untuk peluang pekerjaannya masih banyak dibutuhkan. Tapi jangan kaget pada saat kamu bekerja sebagai Marketing Promotion akan diminta melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dirasa tidak berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab pada mulanya. Engga heran sih dibanyak perusahaan bakalan bekerja ngerangkap, kan?

Marketing Promotion punya prospek yang bagus untuk jalur kariernya, kamu akan banyak berhubungan dengan manajemen perusahaan sampai dengan hal-hal yang bersifat kreatif. Kalau kamu tetap berada diperusahaan, ada kemungkinan kamu menjadi Head of Marketing Promotion, Manager Marketing, Director of Marketing, you name it.

Kalaupun harus beralih keprofesi lain, membuka Event Organizer sendiri bukanlah hal yang mustahil karena kamu punya banyak pengalaman mengenai event. Atau membuka agensi kreatif sendiri yang khusus membangun brand melalui jasa promosi.

Marketing Promotion menurut aku merupakan profesi yang keren karena banyak terlibat dengan pihak luar serta pihak dalam perusahaan, soal networking memang engga bisa dipungkiri kalau seorang Marketing Promotion ba. Kebutuhan pasar juga ada untuk profesi ini, jadi kalau kamu punya minat di:
– Pembuatan event
– Pembuatan konten
– Narik massa
– Hubungan dengan banyak orang
– Detail
– Jalin kerja sama
– Nulis, fotografi, videografi, desain
– Digital marketing
– Punya kepuasan kalau berhasil bikin orang-orang senang
– Percaya diri, komunikatif, pandai bernegosiasi
– Fleksibel
Marketing Promotion bisa jadi profesi yang cocok untuk kamu.


Terlepas dari apapun profesi kita saat ini, ingat ini:

“If you don’t have a plan, you become part of somebody else’s plan” –Terence McKenna

“Kalau kamu tidak punya rencana, kamu menjadi bagian dari rencana orang lain” –Terence McKenna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: