Pesan Mendasar Bagi Manusia dalam Anime Attack on Titan

“Anime cuma buat anak kecil”

“Apaan sih udah gede masih nonton anime, haha”

Colossal titan
shared by jhim

Dan masih banyak cemoohan lain mengenai media penghibur satu ini. Iya memang kalau anime terkesan untuk anak kecil, tapi dibalik dari hiburan 2 dimensi ini, aku mendapatkan gambaran realistis mengenai kita sebagai manusia didalamnya, hal mendasar yang bahkan kalau aku perhatikan sangat dekat dengan kita, yaitu ketidak percayaan diri.

Balik ke beberapa bulan yang lalu, saat itu aku sedang terobsesi nonton Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin oleh Hajime Hisayama, sebuah karya terbaik yang pernah aku nikmatin. Singkat cerita, Eren Yeager seorang protagonis dianime itu mendapatkan kekuatan untuk mengubah dirinya menjadi seorang raksasa. Pada latar ceritanya, manusia hidup dalam ketakutan dibalik beberapa lapisan tembok. Oleh karena itu, Eren menjadi salah satu senjata terkuat dari para manusia untuk terbebas dari raksasa dan mengungkap kebenaran dibalik sejarah manusia.

Eren melihat betapa sadisnya dunia ini, terpuruknya manusia-manusia didalam tembok dan bagaimana umat manusia mempercayakan takdir mereka dalam diri Eren. Dari sini mulai terlihat nih poinnya, beberapa kali dalam alur cerita Attack on Titan itu buat Eren engga percaya dengan dirinya sendiri disaat teman-teman dan timnya bergantung 100% kepada dirinya.

Dia bahkan pernah putus asa dan rela buat mati demi kehidupan manusia yang dianggap lebih layak kepada orang yang dia anggap kompeten. Namun pada akhirnya, namanya juga protagonis yah, dia yang kembali menanggung beban itu.

Poin yang mau aku sampaikan adalah, kita selalu menanggap diri kita kurang kompeten, masih belum siap untuk tanggung jawab yang diberikan tapi disatu sisi sudah saatnya bagi kita untuk berkembang. Engga gampang memang buat meyakinkan diri sendiri disaat orang-orang percaya dengan kemampuan kita, tapi semuanya balik ke pribadi sendiri. Kita yang menjadi pemicu untuk diri sendiri yang lebih baik.

Ada beberapa faktor, menurut aku, yang bisa bantu kita untuk semakin percaya dengan diri kita sendiri.

Pertama adalah dari menggali diri kita sendiri, dengan merenungkan sendiri kenapa kita jadi merasa kurang percaya diri apa-apa faktor penghambatnya dan bagaimana kita bisa menghadapi kekurangan itu.

Kedua adalah dengan jurnal, menuliskan semua hal yang terlintas dari ketidak percayaan diri kita. Dari jurnal pula teman-teman bisa melihat pola dari kepribadian yang teman-teman alami.

Ketiga dengan bantuan dari orang-orang terdekat, sama seperti Eren yang diyakinkan oleh teman-temannya kalau dia itu pantas dan bisa jadi penyelamat dunia, kita pun perlu orang-orang terdekat untuk memberikan saran, masukan dan juga perspektif baru.

Keempat, hiburan! Yaaa, dari hiburan kita bisa dapat beragam perspektif baru yang engga bisa kita duga. Contohnya ya kayak anime.

Kelima, bagiin hal-hal positif biar bisa membentuk komunitas yang serupa buat saling mendukung.

“You can do it, believe in yourself.”

Featured image shared by yaft

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: