Jelajahin Indonesia, Ga Pakai Ribet & Harga Terjangkau, Open Trip Aja

Pulau Harapan, 2019

Jalan-jalan memang seru, seru banget malah. Apalagi makin kesini, destinasi wisata di Indonesia semakin banyak dikenal, terima kasih sosial media dan berbagai agen tur yang tersedia sekarang. Salah satu opsi terbaik buat kamu kalau mau jalan dengan budget terjangkau adalah dengan milih open trip, intinya sih kita bakalan jalan-jalan bareng orang-orang lain dan disatuin jadi 1 tim. Seru? Banget!

Banyak hal yang bisa didapatin dari open trip, jelajahin tempat baru, konten baru buat sosial media, nambah 1 centang kalau udah pernah ke lokasi itu, punya cerita di destinasi itu sampai yang paling berkesan adalah dapatin teman-teman baru. Itu yang paling umum dan aku rasain setelah open trip.

Pemandangan dari bukit Sikunir, Wonosobo, Jawa Tengah, 2017

Meskipun pengalaman open trip masih terbilang minim, baru 4 kali, tapi aku benar-benar nikmatin setiap momen jelajahin tempat wisata bareng teman atau teman baru.

Pernah satu kali, aku coba sendiri aja buat open trip. Biasa, bikin janji dengan teman ujung-ujungnya jadi wacana belaka, pada akhirnya pergi sendiri pulangnya dapat teman banyak! Dan bahkan ada kesempatan buat nge-trip bareng lagi ke destinasi lain.

Gunung Anak Krakatau, 2018

Umumnya, open trip diadain di akhir pekan dan hampir setiap minggunya ada. Jadi tinggal tentuin aja kapan kamu mau pergi di tanggal berapa. Untuk urusan harga, menurut aku juga open trip terjangkau untuk kantong masyarakat Indonesia yang makin ke sini makin suka jelajahin tempat-tempat baru.

Contohnya, untuk ke Kepulauan Seribu, Pulau Harapan. Kisaran harga yang dipatok mulai dari Rp 350.000 sampai Rp 400.000 untuk 2 hari 1 malam. Semuanya sudah tersedia, kapal, penginapan, makan, alat snorkeling. Tambahannya paling uang tips dan jajan.

Buat kamu yang masih merasa ragu-ragu buat jalan, jangan tunggu sampai siap deh, hahahaha. Sekarang atau engga bakalan jalan-jalan. Kamu engga bakalan tahu kalau belum coba, rasa takut muncul dari pikiran karena kita udah ngebayangin hal-hal yang jelek dulu tapi realitanya engga bakalan seseram yang ada dipikiran kita.

Lampung, 2018

Keunggulan dari open trip:

  1. Harga terjangkau buat jalan-jalan
  2. Pengalaman baru, teman-teman baru!
  3. Semuanya udah disiapin, penginapan, akomodasi (tergantung meeting point), makan, persiapan lainnya
  4. Jadwal jalan udah tersedia, tinggal saling sadar waktu biar bisa nikmati lokasi wisatanya
  5. Konten sosial media
  6. Nikmatin Indonesia dari sudut pandang sendiri
  7. Jadi pencaharian buat masyarakat Indonesia, terutama masyarakat lokal
  8. Bikin pribadi jadi lebih tangguh
  9. Ada kemungkinan dapat pacar

Kekurangan dari open trip:

  1. Tempat penginapan engga ada jaminan bakalan bagus atau bersih, jadi persiapin diri ya. Bahkan kadang kamar atau kasur pun kurang.
  2. Musti tunggu-tungguan dengan teman-teman atau tim lain, maksudnya kita engga tahu gimana orang-orang yang baru kita kenal. Biasanya jadwal untuk ngumpul jam 8 pagi, bisa-bisa jalannya jam 8.30 karena musti nungguin orang.
  3. Kebersihan dari orang lain, ini harus ada kesadaran dari masing-masing individu buat jaga kebersihan bersama
  4. Makan yang disiapin di penginapan bisa aja so-so (biasa aja)
  5. Transportasi umum di Indonesia yang belum 100% memadai dengan baik, contohnya untuk kapal-kapal ke kepulauan seribu yang menurut aku masih cukup memprihatinkan. Bahkan penumpang harus desak-desakan buat bisa duduk atau tidur dengan nyaman di kapal
Dataran tinggi Dieng, 2017
Matahari terbit di bukit Sikunir, 2017

Plus minus lah ya kalau ngomongin soal open trip yang dimana kita harus bisa adaptasi dan bersikap dengan baik. Tapi secara keseluruhan, open trip bisa dibilang seru juga.

Jadi, mau jalan ke mana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: