Apa Bedanya Jus dengan Smoothie? Kebanyakkan Masyarakat Indonesia Masih Salah Kaprah

Jus by Krys Alex

Jus, minuman yang segar dan juga sehat dengan teksturnya yang cenderung padat ataupun cair tergantung dari buahnya, itu adalah gambaran paling umum kita mengenai jus. Tahu ga, kalau selama ini yang kita anggap jus itu ternyata salah kaprah. Jus dalam pikiran kita dan yang disajikan oleh kebanyakkan abang-abang atau mba-mba selama ini ternyata adalah smoothies, jadi kayak anak yang tertukar gitu lah.

Minuman yang umumnya kita temuin baik di restoran, mall, bahkan sampai di pinggiran jalan sekalipun merupakan smoothie. Sebentar, sebentar, kok jadi smoohie? Jadi begini, ada perbedaan antara jus dan smoothie. Smoothie adalah hasil blender atau campuran antara buah-buahan, sayur, hingga susu dan biasanya ditambah dengan topping luar biasa menarik lainnya kayak chia seed, kacang almond atau biji-bijian lainnya. Tekstur dari smoothie lebih kental sehingga membuat smoohie cocok untuk kamu yang diet serta bisa mengganjal perut lebih lama karena teksturnya yang cukup padat atau kental.

Smoothies by Josh Sorenson

Jadi, ketika abang atau mba sedang mengolah “jus” pesanan kita, sebenarnya mereka itu lagi ngolah smoothie karena di smoothie itu semua bagian sayur atau buah (yang sudah dipotong atau dipilih pastinya) di campur jadi satu sehinga engga ada ampas yang terbuang.

Sedangkan jus, ini adalah minuman yang telah disaring lagi dari ampas sayur atau buahnya dan hanya sarinya saja yang diambil. Kalau kamu perhatikan, umumnya di mall-mall besar yang ada di Jabodetabek ataupun di minimarket ada gerai jus yang menjual jus, itu adalah definisi sebenarnya dari jus. Sama seperti air tebu, yang diambil dari tebu adalah sarinya sehingga air tebu merupakan jus.

Pada beberapa artikel menyatakan, kandungan serat dari jus terbilang sedikit dibandingkan smoothie karena ampasnya yang terbuang namun dilain pihak jus memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan smoohie. Sedangkan smoothie dipercaya memiliki serat yang lebih banyak dibandingkan dengan jus karena masih ada ampas yang terkandung dalam smoothie, namun daya serap terhadap tubuh yang memakan waktu lebih lama dibanding dengan jus yang mudah diserap nutrisinya oleh tubuh.

Terlepas dari jus ataupun smoothie, kedua minuman ini sama-sama memiliki efek yang baik untuk kita, asal tidak menambah gula lagi ya karena pada dasarnya rasa manis sudah bisa didapatkan dari campuran buah. Jadi, kamu anak jus atau anak smoothie nih?


Rangkumannya;
Jus memiliki tekstur cair karena tidak ada ampas pada minumannya sedangkan smoothie memiliki tekstur yang kental karena memiliki ampas. Untuk kandungan nutrisi kedua minuman ini sama, namun pada smoothie dipercaya memiliki serat yang lebih banyak karena ampas dari sayur atau buah, sedangkan untuk daya serap nutrisi jus dipercaya lebih cepat pada tubuh dibandingkan smoothie.

Ngomongin soal smoothie, aku ada 1 resep mudah yang bisa kamu cobain. Bahan-bahannya pun mudah ditemuin dipasar.

1/2 buah naga
1 bagian tunas pok choy
3 buah pisang, biasanya aku pakai dari Sunpride kamu bebas pakai jenis pisang apa, 1 pisangnya aku pakai untuk topping
200ml-250ml susu kacang (kamu bisa pakai susu favorit kamu)

Cara membuat:

  • Potong semua bahan, bersihkan juga sayur pok choy
  • Campur semua bahan dan blender.
  • Voila, You got a wholesome smoothie.
  • Bisa tambahkan topping kesukaan kamu, secara personal aku suka menambahkan chia seed, kacang almond dan juga pisang. Kamu bisa menambahkan topping lain kesukaan kamu.

Kalau kamu suka smoothies yang lebih padat, bisa tambahkan lagi pisang karena teksturnya yang padat serta creamy atau bisa juga selai kacang.
Punya resep smoothie? Bagi ke aku juga ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: