Bangun Komunikasi yang Efektif dengan Pahami 4 Warna Karakteristik Manusia

Dalam komunikasi, berhasilnya menyampaikan pesan ditentukan beberapa faktor – pembicara, pesan, media, noise (gangguan), dan penerima, namun dibalik kesederhanaannya ini terdapat faktor yang lebih kompleks agar pesan dapat berhasil disampaikan, kepribadian dari pembicara dan penerima pesan menjadi pemeran penting keberhasilannya. Membahas soal kepribadian, sekarang ini kita cukup sering mendengar ciri-ciri dari zodiak A ketika berhubungan dengan si zodiak B, C, dan seterusnya.

Ilmu perzodiakan memang menarik, banget, ada yang percaya ada pula yang masih skeptis tapi melirik-lirik karakteristik gebetan yang ingin diincar. Tidak hanya berhenti dari ilmu perzodiakan, ada juga metode lain untuk melihat karakteristik orang sudah tersedia saat ini, salah satunya adalah karakteristik manusia berdasarkan kelompok warna yang telah diketahui sejak abad kelima sebelum Masehi oleh ahli fisika asal Yunani bernama Hippokrates.

Melalui buku yang ditulis oleh Thomas Erikson yang berjudul Surrounded By Idiots, aku mendapatkan wawasan baru mengenai kepribadian setiap orang yang unik dalam lingkungan kita sehari-hari. Melalui aplikasi Blinkst, aku mempelajari inti-inti dari bagaimana kepribadian manusia umumnya terbagi menjadi 4 kategori besar berdasarkan warna yakni Merah, Kuning, Hijau, dan Biru. Kamu pun dapat mengidentifikasi setiap orang-orang yang ada disekitar untuk mengaplikasikan ilmu yang ditulis oleh Thomas.

Warna-warna kepribadian

Dalam penjelasannya, keempat warna ini memiliki kepribadiannya masing-masing. Aku pun mendapati bahwa diriku dominan kesalah satu warna yang terdapat pada penjelasan Thomas yakni Merah & Kuning. Lebih lanjut lagi, Thomas menuliskan bahwa setiap manusia memiliki dua percampuran warna yang ada.

Untuk itu, dengan mengetahui keempat perbedaan warna ini, diharapkan kamu bisa menyampaikan pesan secara efisien dan juga bisa membangun hubungan dengan orang-orang disekitar berdasarkan ilmu yang dituliskan oleh Thomas.

Karakteristik warna

Merah (Dominant)

Karakteristik Merah

Karakter utama dari orang-orang yang memiliki kepribadian Merah adalah ambisius, dominan, tegas, kompetitif, dan cenderung punya temperamen cepat marah. Mereka berani dalam menyampaikan pendapat, karena keberaniannya ini mereka bahkan tidak takut dalam mengutarakan isi pikiran mereka meskipun hal itu bertentangan dengan hal-hal yang sudah ada.

Terbayangkan teman yang dominan dalam percakapan atau kerja kelompok? Mereka adalah orang-orang dari kategori ini, bahkan tak jarang mereka kekeuh dengan pendapat mereka tanpa ingin diusik pendiriannya.

Kuning (Inspiring)

Karakteristik Kuning

Warna terang satu ini memiliki kepribadian optimis, girang, dan percaya diri. Ketika orang lain sedang terpuruk, mereka malah tetap mencari kemungkinan dan cara untuk menikmati keterpurukan itu. Kamu punya kenalan yang pandai berbicara?

Mereka adalah orang-orang berwarna Kuning karena dikaruniai kemampuan dalam berbicara yang hebat, bahkan karena kelancarannya mengucap kata-kata, tak jarang juga mereka dianggap orang yang menyebalkan. Ya, aku tahu rasanya berbicara terus-terusan dengan orang-orang yang bisa saja mencari topik ini itu tanpa henti meskipun sudah sangat lelah mendengar mereka.

Sisi positifnya, mereka memiliki aura positif dan mampu menularkan energi itu kepada orang-orang disekitar sehingga mereka adalah orang yang tepat untuk memberikan hiburan.

Hijau (Stable)

Karakteristik Hijau

Si adem satu ini dikenal sebagai orang yang kalem, seimbang, mudah bergaul, toleran, dan suka dengan alam. Berbeda jauh dengan si Kuning yang suka ngobrol ini itu, si Hijau adalah pendengar yang baik, asik yah.

Karena kepribadiannya yang bisa menyeimbangkan diri, Hijau ideal sebagai seorang yang berada dalam tim, punya teman sekelompok dengan orang yang memiliki karakteristik Hijau tentunya akan menyenangkan karena mereka bisa menyesuaikan diri. Ditambah lagi mereka adalah orang yang tepat jika bekerja diranah publik.

Biru (Analytical)

Karakteristik Biru

Perfeksionis adalah kata yang tepat untuk menggambarkan Biru. Ada yang menyebut orang-orang ini sebagai orang yang pesimis, namun mereka melihat diri sendiri sebagai seorang yang realistis. Urusan detail adalah ranah mereka, namun tidak menutup kemungkinan karena sifat perfeksionis ini yang memperlambat pekerjaan mereka sendiri.

Memilki kesamaan dengan si Hijau yang suka berdiam diri, namun jangan salah mengartikan diamnya Biru. Mereka diam-diam menganalisis serta menyimpan pikiran-pikiran itu dalam diri sendiri dan ketika ada yang bertanya, barulah mereka mengutarakan isi pikirannya.

Filosofi yang mereka pegang yakni diam merupakan kebajikan namun ketika kata-kata diluncurkan, dipastikan isi pikiran tersebut sudah dipikirkan dengan baik.

Dari keempat karakteristik warna ini, terdapat percampuran yang sering terjadi yakni:

Merah + Kuning = Ekstrovert
Biru + Hijau = Introvert
Biru + Merah = Fokus ke tugas-tugas dan masalah
Hijau + Kuning = Fokus kepada orang dan hubungan

Umumnya kita akan sering bertemu antara M+K atau H+B, namun tidak menutup kemungkinan bertemu dengan M+H, atau K+B.

Menyampaikan masukan dan kritik

Mengetahui karakteristik dari masing-masing warna ini bisa membantu kita dalam berinteraksi khususnya memberikan masukan dan kritik. Ini adalah beberapa informasi untuk kamu bisa memberikan masukan dan kritik kepada mereka sesuai dengan pendekatan dari karakteristiknya.

Merah

Mau menyampaikan masukan atau kritik kepada teman-teman yang berwarna Merah? Lebih baik langsung menyampaikan tanpa bertele-tele karena mereka lebih mengapresiasi dirimu, katakan apa saja kesalahan mereka dan persiapkan pula contoh-contoh yang konkret dari masukan atau kritikan kamu.

Meskipun umumnya Merah bisa saja keras kepala dan terlalu percaya dengan ideologi mereka, kamu perlu menyampaikan sifat tersebut agar mereka dapat merefleksikan diri dan lebih dewasa serta profesional dengan perilakunya.

Karena sifat dasar mereka yang suka mendominasi, pastikan kamu harus kuat ketika berbicara dengan mereka. Ketika mereka melihat pendapat kamu ada kesalahan atau tidak sesuai dengan pandangannya, mereka bisa saja meyakinkan kamu bahwa hal itu bukanlah sebuah masalah.

Kuning

Berhadapan dengan si tukang bicara satu ini memang memerlukan strategi karena kamu bisa saja menemukan beragam rintangan ketika ingin menyampaikan masukan atau kritik. Kamu perlu terbuka, ramah dan mau tertawa dengan lawakan mereka karena dengan pendekatan ini mereka bisa menerima pendapat kamu lebih mudah.

Karena mereka suka bicara dan punya keahlian untuk mengambil alih pembicaraan, kamu perlu untuk sadar agar bisa kembali ke topik pembicaraan yang ingin disampaikan. Ditambah lagi mereka cenderung orang-orang yang tidak terorganisir, pesan kamu hanya akan masuk dari telinga kiri dan keluar dari telinga kanan.

Oleh karena itu menyampaikan pesan yang detail serta secara berkala meminta dia untuk menuliskan apa yang telah disampaikan agar memastikan pesan kamu diterima merupakan ide yang tepat ketika berhadapan dengan mereka. Namun pastikan bahwa kamu menyampaikan masukan setelah “haha-hihi” secara menyenangkan dengan si Kuning.

Hijau

Si kalem satu ini memerlukan pendekatan interpesonal yang perlahan-lahan ketika kamu ingin memberikan masukan atau kritik. Mereka terkenal sebagai orang yang tidak suka dikritik ditempat umum, serta cenderung takut terhadap konflik.

Orang-orang berwarna Hijau juga cenderung memiliki ego yang rapuh serta kapasitas mereka dalam mengkritik diri sendiri sudah cukup kuat tanpa perlunya kita sebagai pihak luar memberikan kritik. Pada akhirnya mereka bisa saja setuju dengan masukan atau kritik kamu dan membuat diri kamu merasa tidak enak.

Kamu perlu memberikan arahan yang jelas karena mereka suka dengan arahan dibandingkan mereka yang menerka-nerka sendiri untuk mengambil inisiatif. Apabila masukan atau kritikan bersifat perubahan kegiatan, ada baiknya memberikan arahan dengan langkah-langkah kecil agar mereka bisa menyesuaikan diri.

Biru

Memberikan masukan atau kritik kepada si Biru, kamu harus siap ketika ingin menyampaikannya karena orang-orang pada warna ini memperhatikan detail-detail dari pesan kamu. Apabila kamu tidak siap, bisa saja masukan atau kritik kamu tidak akan meyakinkan bagi mereka.

Kamu mau mengesankan si Biru? Kamu memerlukan fakta-fakta yang detail untuk dihidangkan kepada mereka. Kalau mereka menanyakan sesuatu dan kamu tidak tahu jawabannya jangan mengada-ngada jawabannya karena mereka bisa tahu.

Sama juga seperti si Merah, kamu tidak perlu bertele-tele ketika menyampaikan pesan kepada si Biru. Mereka akan hormat kepada kamu kalau menyampaikan pesan serta mempertahankan posisi kamu dengan fakta-fakta.


Bisa memahami empat kategori kepribadian ini memberikan aku secara pribadi informasi yang bermanfaat untuk bagaimana bisa berkomunikasi dengan orang karena setiap orang mengolah pesan yang kita sampaikan berbeda-beda. Meskipun bisa dibilang empat warna terlalu umum dalam mengkategorikan karakteristik seorang manusia, paling tidak kita bisa mendapatkan gambaran umum bagaimana memahami manusia lebih dalam lagi.

Apa warna kamu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: