Bentuk Tubuh Ideal Tanpa Alat Gym yang Heboh dengan Latihan-latihan Ini

Penayangan serial The Witcher bisa jadi bikin brotha pada mau memiliki tubuh ideal dari si Geralt yang diperankan oleh Henry Cavill, memang sih untuk memiliki tubuh ideal berotot tersebut bukanlah suatu hal yang mudah untuk dicapai namun hal ini tidak menutup kemungkinan kalau kamu juga bisa lho memiliki bentuk tubuh yang lebih kekar dan sehat melalui program latihan dirumah tanpa mengharuskan kamu memiliki alat-alat gym yang banyak.

Ada beberapa latihan serta aplikasi yang bisa membantu kamu untuk membentuk tubuh ideal kamu, mari kita mulai dengan membahas mengenai latihan-latihan mandiri yang bisa kamu lakukan dirumah, modal paling sederhana yang brotha perlukan hanyalah matras olahraga dan dumbbell (barbel) agar keringat tidak bercucuran dimana-mana, gunakan kode referral TPRICG4OU0 untuk mendapatkan cashback hingga 50 persen untuk pembelian pertama brotha dari Tokopedia.

Latihan tanpa alat

Untuk brotha yang on budget, kamu tetap bisa kok berlatih untuk mendapatkan tubuh ideal, dan terbukti dengan latihan yang rutin, meskipun melakukan latihan tanpa adanya alat-alat seperti di tempat gym.

  • Push Up
Push Up source Men’s Health

Posisikan tangan kamu sejajar dengan bahu, kencangkan perut dengan posisi pundak hingga bokong sejajar, turunkan badan hingga bagian dada hampir menyentuh lantai lalu angkat tubuh brotha.

Push up membantu kamu dalam memperkuat otot-otot pada bagian bahu selain itu jenis latihan ini juga mudah dilakukan dirumah dan bisa pula menjadi latihan yang mempersiapkan kamu untuk latihan berat lainnya.

  • Crunch
Crunch source Men’s Health

Baring dengan posisi kaki diangkat 90 derajat, taruh kedua tangan brotha disamping telinga dan dorong punggung kamu hingga bagian dada dan perut terangkat mengarah ke lutut kaki. Pastikan bagian punggung selalu menempel dilantai serta keraskan perut pada saat melakukan latihan ini.

Crunch termasuk dalam latihan wajib untuk kamu yang ingin membentuk otot perut.

  • Russian Twist
Russian Twist source Home Workout

Duduk dengan posisi badan condong kebelakang dan lutut kamu dinaikkan, kepalkan kedua tangan dan keraskan perut, lalu rotasikan tangan ke sisi kiri dan kanan pada saat melakukan latihan ini.

  • Plank
Plank source Men’s Health

Posisikan tubuh kamu seperti akan melakukan push up, namun pada plank gunakan kedua tumit lengan sebagai tumpuan tubuh. Pastikan punggung kamu sejajar dengan bokong dan keraskan perut selama melakukan latihan ini.

Kamu bisa mencoba untuk melakukan selama 30 detik untuk 1 sesi, apabila sudah terbiasa bisa meningkatkan hingga 60 detik. Plank memperkuat bagian perut, punggung dan pundak brotha.

  • Mountain Climber
Mountain Climber source Home Workout

Ambil posisi seperti push up, tekukkan kaki kanan ke arah dada sedangkan kaki kiri lurus kebelakang lalu ganti posisi kaki satu sama lain seperti mengengkol sepeda.

Latihan ini membantu kamu dalam memperkuat otot-otot pada bagian perut serta kaki.

Latihan dengan alat

Tahu ga kalau 2 alat sederhana ini bisa membantu brotha untuk membuat pengalaman latihan dirumah jadi lebih seru, alatnya yakni dumbbell (barbel) dan kursi! Akan lebih baik kalau brotha punya 2 dumbbell dengan berat yang sama untuk membentuk otot yang seimbang.

  • Dumbbel standing shoulder press
Dumbell Standing Shoulder Press source Men’s Health

Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu, pegang dumbbell dengan posisi tangan sebahu dan telapak tangan kamu menghadap kedepan. Angkat kedua lengan kamu secara perlahan hingga posisinya tereksten secara penuh dan turunkan, ulangi langkah ini hingga repetisi yang brotha inginkan.

  • Dumbbell squat
Dumbbell Squat source Men’s Health

Mirip dengan squat biasanya, kali ini brotha menambahkan dumbbell untuk bikin latihan ini jadi lebih seru. Pegang dumbbell pada kedua tangan dengan mengarah kebawah dan lakukan gerakan squat. Dumbbell membantu kamu untuk bisa fokus dengan gerakan squat.

  • Bicep curl
Bicep Curl source Men’s Health

Latihan ini membantu brotha untuk membuat otot lengan yang selaras, ambil posisi berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu lalu angkat dumbbell hingga mencapai setinggi bahu. Fokuskan pada bagian siku agar berada diposisi yang sama ketika brotha melakukan latihan ini.

  • Incline push-ups
Incline Push-Ups source Home Workout

Siapkan sebuah kursi, setinggi pinggang atau lutut brotha akan lebih baik, lalu lakukan push up dengan posisi tangan berada di kursi tersebut. Pastikan posisi badan brotha lurus ya ketika melakukan push up-nya.

  • Triceps dips
Tricep Dips source Home Workout

Persiapkan kursi serupa, duduk dikursi tersebut lalu maju kedepan hingga pinggul kamu berada diluar tempat duduk kursi, gunakan tangan untuk menahan tubuh kamu.

Perlahan-lahan turunkan badan kamu dan lakukan gerakan naik turun, latihan ini bagus untuk pembentukan triceps brotha.

Latihan dengan aplikasi

Agar brotha bisa konsisten untuk membentuk tubuh idaman, kamu juga bisa menggunakan 3 aplikasi ini di smartphone untuk menjadi asisten dalam berolahraga pengganti personal trainer di tempat gym.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana, pilihan training-nya juga lengkap untuk aplikasi sekelas gratisan. Apalagi brotha bisa memilih fokus tubuh mana yang akan dilatih, ditambah lagi setiap bagian tubuh yang ingin dilatih memiliki 3 kategori yakni Beginner, Intermediate, dan Advanced.

Freeletics termasuk aplikasi premium yang banyak digunakan orang-orang sekarang. Kelas-kelas yang tersedia juga menarik dan menyenangkan.

Bertungung, Freeletics juga menyediakan kelas gratis untuk brotha coba terlebih dahulu.

Sesuai namanya, aplikasi ini menyediakan kelas buat kamu bisa workout hanya dalam waktu 7 menit per sesinya. Pilihan workout dari aplikasi ini terbilang lengkap. Bahkan mereka memiliki sesi perenggangan yang diberi nama Sleepy Time Stretch sebelum tidur.

Source image cover Photo by Christopher Campbell on Unsplash

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: