Mengenal Apa Itu Matcha: 5 Manfaat Matcha untuk Kaum Milenial Agar Makin Produktif

Menikmati secangkir matcha di pagi hari mungkin bukan suatu ritual umum yang dilakukan oleh brotha, setelah membaca artikel ini mungkin brotha akan mempertimbangkan menikmati secangkir matcha kedalam rutinitas pagi sebelum beraktivitas, pasalnya minuman yang terkenal dengan citra Jepang satu ini memiliki segudang manfaat untuk kita nikmati.

Matcha Photo by Alice Pasqual on Unsplash

Apa itu matcha?

Matcha merupakan minuman berbentuk bubuk yang dari bahan dasar teh hijau berkualitas yang digiling menggunakan batu untuk menghasilkan serbuk yang bernama matcha. Matcha dipercaya telah ada selama 2000 tahun lamanya, bermula dari daratan Tiongkok namun tradisi ini tetap dilakukan oleh masyarakat Jepang hingga saat ini.

Tidak semua daun teh dapat digunakan untuk dijadikan sebagai matcha, channel YouTube bernama Mei Leaf menjelaskan terdapat beberapa tahapan pembuatan matcha.Umumnya matcha menggunakan varietas teh hijau bernama Yabukita.

Selain dari Yabukita, terdapat beberapa varietas yang menghasilkan matcha dengan kualitas yang lebih baik seperti varietas Okumidori, Samudori, dan Asahi. Lokasi ditanamnya teh pun berpengaruh terhadap kualitas dari matcha, prefektur yang menghasilkan matcha terbaik berasal dari Kyoto, Aichi, dan Shizuoka.

Proses pembuatan matcha tergolong lama karena penggilingan yang mengubah bentukan daun menjadi bubuk, umumnya sebuah penggilingan menghasilkan 30 gram serbuk matcha per-jamnya.

Manfaat matcha untuk memulai hari yang produktif

Matcha Photo by Matcha and CO on Unsplash

Karena kita langsung meminum teh secara utuh, kandungan yang diserap oleh tubuh lebih banyak ketimbang meminum teh seduh pada umumnya. Kandungan antioksidan dari 1 shot matcha lebih banyak 10-20 kali lipat dibanding teh hijau biasanya, selain itu matcha juga memiliki kandungan dari vitamin C, B, dan semua mineral yang ada pada teh hijau.

Ditambah lagi, karena proses produksinya yang tetap menyimpan kandungan theanine dengan level yang tinggi. Theanine merupakan kandungan yang hanya terdapat pada teh, kandungan ini dapat:

  • Mengontrol stres,
  • Memberikan efek santai dan nyaman,
  • Meningkatkan mood,
  • Mampu meningkatkan kemampuan kognitif sehingga brotha lebih sadar dan kreatif,
  • Serta meningkatkan imunitas tubuh.

Siap tempur buat bikin hari brotha makin produktif? Cobain deh minum secangkir matcha dipagi hari buat nikmatin efek dari theanine yang disuntikkan kedalam diri kamu.

Kategori si hijau

Matcha Photo by Alice Pasqual on Unsplash

Terdapat tiga kategori matcha yang terdapat pada pasaran saat ini, proses pengkategoriannya berdasarkan bagaimana proses matcha diproduksi sehingga menghasilkan ketiga kategori ini:

  1. Ceremonial grade, ini merupakan kategori tertinggi dari matcha karena kualitas yang sangat baik untuk dikonsumsi. Serta sudah diuji bahwa tehnya sudah bebas dari radiasi.
  2. Standard grade, kategori ini sudah bisa menjadi pilihan untuk brotha konsumsi.
  3. Food grade, kategori ini merupakan kategori yang digunakan untuk keperluan pelengkap makanan.

Bagaimana dengan green tea powder? Untuk bubuk satu ini, menurut Mei Leaf tidak direkomendasikan karena teh yang digunakan berkualitas rendah dan dijadikan bubuk.

Membedakan matcha yang berkualitas

Tea plantation Photo by Ian Wagg on Unsplash

Ada beberapa cara untuk brotha bisa membedakan matcha yang berkualitas:

Pertama adalah melihat asal dari daun tehnya, dibeberapa lokasi penghasil teh di Jepang memiliki demografi yang tepat untuk pertumbuhan tanaman ini sehingga sangat mempengaruhi kualitas matcha-nya, brotha bisa mencari matcha yang dihasilkan dari prefektur Kyoto, Aichi, dan Shizuoka.

Kedua, akan lebih baik memilih matcha dengan label organik karena tidak digunakannya bahan kimia pada saat proses pertumbuhan dari teh.

Kiri merupakan matcha dengan kualitas baik sedangkan kanan memiliki kualitas yang buruk.

Ketiga berdasarkan warnanya, meskipun ini agak tricky karena tidak menutup kemungkinan brotha membeli matcha secara online sehingga tidak dapat melihat secara langsung warna dari matcha yang akan di konsumsi. Matcha yang baik akan berwarna hijau terang, sedangkan matcha yang berkualitas buruk berwarna khaki hijau kekuningan.

Setelah brotha membeli matcha, sebaiknya memperhatikan tempat penyimpanannya agar tidak mengubah kualitas matcha. Mei Leaf merekomendasikan untuk menyimpan matcha di gelas kaca dimana cahaya dapat tembus dan tempat penyimpanan yang lebih besar sehingga banyak ruang untuk udara didalamnya. Matcha sebaiknya dikonsumsi 6 bulan setelah diproduksi.


Source image cover Photo by Free To Use Sounds on Unsplash

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: